daun

Rabu, 26 September 2012

kawah putih

Kawah Putih Ciwidey 

 

Kawah Putih Ciwidey adalah Kawah yang terbentuk dari letusan gunung patuha yang memiliki dinding kawah dan air yang berwarna putih. Gunung Patuha merupakan sebuah gunung yang terdapat di pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di wilayah Bandung Selatan Provinsi Jawa Barat, Tingginya 2.430 meter di atas permukaan laut yang memiliki rata-rata suhu antara 8°- 22° Celcius serta berjarak sekitar 48 KM dari pusat Kota Bandung.. Kawah Putih itu sendiri merupakan sistem vulkanik relatif stabil dengan tidak ada catatan aktivitas yang signifikan. Kawah Putih adalah danau yang cukup besar yang sangat asam (pH 0,5-1,3) yang berubah warna dari kebiruan menjadi hijau keputihan, atau coklat, tergantung pada konsentrasi sulfur dan suhu atau keadaan oksidasi.
Danau ini telah ditemukan pada tahun 1837 oleh Dr. Franz Wilhelm Junghuhn seorang ahli botani Jerman yang melakukan banyak penelitian di Indonesia sampai kematiannya di Lembang, utara Bandung, pada tahun 1864. Di dekat Kawah Putih itu jg ditemukan bekas sebuah pabrik pertambangan belerang dikenal sebagai Zwavel Ontgining Kawah Putih yang pertama kali berdiri di dekat danau selama masa pemerintahan Belanda di Jawa, kemudian diambil alih selama Perang Dunia II oleh militer Jepang dan dioperasikan dengan nama Kawah Putih Ciwidey Kenzanka Yokoya.


Pada tahun 1987 PT. Perhutani Unit III Jawa Barat Dan Banten, Indonesia, mulai mengembangkan kawah putih sebagai tempat wisata.

Tempat wisata alam Kawah Putih Ciwidey ini buka mulai pukul 08.00 -18.00 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar