daun

Rabu, 26 September 2012

pantai selatan lombok

Pantai Selatan Lombok














Pantai di sebelah Selatan Pulau Lombok memiliki panorama alam yang mengagumkan. Ketika itu (11 Oktober 2010) kami mengunjungi Tanjung Aan, Pantai Segar dan Pantai Mawun. Ketiga pantai memili keindahan dan keunikan masing-masing. Satu hal yang sama adalah pantai-pantai itu dikelilingi bukit yang menjulang, seolah-olah membingkai pantai.

Pantai pertama yang kami kunjungi adalah Tanjung Aan. Gradasi warna yang sangat memika menyapa kami. Pantai berpasir putih bersih dihiasi beberapa batu yang besar. Laut biru kehijauan dan awan putih berarak di birunya langit. Sempurna. Pasir di Pantai Tanjung Aan bertekstur sangat halus, membuat rasa nyaman saat duduk di atasnya. Suasananya pun tidak hiruk, hanya ada beberapa penjual cinderamata. Cocok untuk relaksasi dan berjemur.

Selanjutnya kami mengunjungi Pantai Segar. Perjalanan ditempuh hanya sekitar sepuluh menit. Saat itu sekitar pukul 11.30 WITA, matahari berada di atas kami. Tetapi begitu air laut menyentuh kaki kami, benar-benar pantai yang menyegarkan. terdapat batu yang sangat besar dan tinggi di tepi pantai, cocok untuk lokasi berjemur yang penuh privasi. Ombak di pantai ini cukup besar beberapa orang terlihat menjajal ombak dengan papan selancarnya. 

Perjalanan menuju pantai Mawun melalui bukit-bukit dan kondisi jalan yang sedikit berbatu. Tetapi begitu disambut panoramanya, semua terbayar. Jika anda penasaran dengan Pantai Phi-phi di Phuket, Thailand, datanglah ke Pantai Mawun. Ketika memandang ke lautan, dua bukit membingkai pandangan bagai menjadi pintu gerbang menuju pantai, mirip dengan Pantai Phi-phi. Suasananya tenang dan sepi. Seandainya kami memiliki lebih banyak waktu tentu kami dapat berdiam di sana. Sit back, relax and just enjoy the view.

Tidak ada biaya masuk resmi untuk mengunjungi pantai-pantai tersebut. Hanya biaya parkir kendaraan, Rp. 5.000 untuk mobil dan Rp. 3.000 untuk motor. Perlu diingat, ketika pedagang cinderamata menghampiri anda, jangan mengatakan "nanti" jika anda memang tidak berminat untuk membeli. Karena bagi mereka "nanti" berarti anda berjanji akan membeli. Selain itu mereka akan sedikit memaksa maka jika memang tidak berminat katakan dengan jelas. Alangkah baiknya jika pedagang yang berjualan tidak dibiarkan berkeliaran di pantai. Mungkin dapat dibuatkan kios tempat berjualan, sehingga tidak terkesan membuntuti dan menggangu pengunjung. (HRA)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar